Targetkan Rp35 Triliun, Harbolnas Jadi Pendorong Daya Beli Jelang Akhir Tahun

Jatuh pada tanggal 12 bulan 12 (12.12) Harbolnas ditargetkan bisa meraup Rp35 triliun atau naik 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya senilai Rp31,2 triliun.

Targetkan Rp35 Triliun, Harbolnas Jadi Pendorong Daya Beli Jelang Akhir Tahun
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah), Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni Raffi Ahmad (kiri), Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid (kedua kiri), Menteri Perdagangan Budi Santoso (kedua kanan), dan Ketum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Hilmi Adrianto (kanan) menekan tombol bersama saat meluncurkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2025 di Jakarta, Kamis, (4/12/2025). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nz)
Daftar Isi

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2025 kembali hadir tahun ini dengan berbagai diskon dan penawaran menarik yang diharapkan bisa memacu daya beli masyarakat jelang akhir tahun.

Jatuh pada tanggal 12 bulan 12 (12.12) Harbolnas ditargetkan bisa meraup Rp35 triliun atau naik 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya senilai Rp31,2 triliun.

"Saya patok saja ya target Rp35 triliun. Siap?," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto saat pidato pembuka dalam peluncuran hari belanja online nasional di Jakarta, Kamis (4/12/2025).

Acara tersebut akan berlangsung selama sepekan mulai 10-16 Desember 2025 dengan melibatkan 1.000 pelaku usaha digital termasuk didalamnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Airlangga, selama lebih dari satu dekade, program harbolnas ini efektif dalam mendorong aktivitas belanja digital.

Pada tahun 2024, program ini mencatat transaksi Rp31,2 triliun dengan kontribusi produk lokal sebesar Rp16,1 triliun, atau 51,6%.

Airlangga menuturkan tujuan utama dari kegiatan Harbolnas adalah mendorong pertumbuhan ekonomi digital,Harbolnas menjadi momentum besar untuk meningkatkan transaksi digital secara nasional dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu yang terbesar di ASEAN.

“Saat pertama kali digagas, salah satu tujuan Harbolnas adalah memperkenalkan kemudahan belanja daring dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap transaksi digital,” ujar dia.

Harbolnas akan bersinergi dengan program Epic Sale dan Bina Great Sale sehingga total target belanja sepanjang Desember mencapai Rp110 triliun.Harapannya bisa mendorong pembelian dan penjualan produk lokal bisa ditingkatkan.

“Program ini untuk mendorong pertumbuhan di bulan Desember. Jadi bersama dengan program EPIC Sale. Kemudian program BINA Great Sale, Belanja di Indonesia Aja. Nah target spending di bulan Desember Rp110 triliun. Jadi harapannya ini bisa jadi mengungkit pembelian. Kemudian tentu produk lokal kita harapkan bisa ditingkatkan,” ujar Airlangga.

Akhir bulan lalu, pemerintah memberikan berbagai insentif dan diskon untuk menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV dari sisi konsumsi rumah tangga.

Beberapa diantaranya adalah diskon tiket kereta api yang mencapai 30%, kapal laut (PELNI) dengan diskon 20%, serta tiket pesawat terbang dengan potongan harga 13–14%. Diskon tersebut berlaku untuk semua kelas ekonomi.

Turut hadir diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Budi Santoso, Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid,Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia Hilmi Adrianto dan Utusan Khusus Presiden untuk Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni Raffi Ahmad.

Target produk lokal

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Budi Santoso menuturkan penjualan produk lokal selama Harbolnas 2025 ditargetkan mencapai angka Rp 17 triliun atau meningkat 6,1% dari pencapaian tahun lalu sebesar Rp 16,1 triliun.

“ Target transaksi Harbolnas secara keseluruhan mencapai Rp 35 triliun, dari angka tersebut penjualan produk lokal diharapkan mencapai Rp 17 triliun,” ujar dia. 

Budi juga berharap penyelenggaraan Harbolnas mampu mendorong multiplier effect, yakni mendorong peningkatan sektor transportasi dan logistik, melalui pengiriman barang dan sebagainya.

Harbolnas menjadi salah satu strategi yang penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal 4. Oleh karena itu, Harbolnas tidak hanya dipandang sebagai perayaan belanja, tetapi juga pendorong ekonomi.

"Harbolnas menjadi salah satu strategi yang penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal 4. Oleh karena itu, Harbolnas tidak hanya dipandang sebagai perayaan belanja, tetapi juga sebagai momentum strategis untuk menjadi stimulus peningkatan daya beli masyarakat menjelang akhir tahun,” kata Menteri Perdagangan Budi Santoso.

Melihat dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan Harbolnas cukup sukses,total penjualan selama Harbolnas 2024 mencapai Rp31,2 triliun, meningkat 22 persen dibandingkan Harbolnas tahun 2023 yang mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp25,7 triliun. Kontribusi transaksi produk lokal sebesar Rp16,1 triliun atau 52 persen dari total nilai transaksi Harbolnas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) bersama Menteri Perdagangan Budi Santoso (kiri) meninjau salah satu stan pada peluncuran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2025 di Jakarta, Kamis, (4/12/2025). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nz)

Kreativitas digital

Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (iDEA) Hilmi Adrianto mengatakan sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012, Harbolnas menjadi hari yang paling ditunggu masyarakat dan menjadi simbol kreativitas digital.

Saat ini, lebih dari 1.000 pelaku usaha digital tergabung sebagai peminat dari Harbolnas dan memiliki dampak pada perkembangan ekosistem ekonomi digital nasional.

“iDEA sebagai mitra strategis untuk menggerakkan ekonomi, menciptakan perdagangan yang sehat, serta meningkatkan literasi digital dan keuangan, terus menjaga agar pertumbuhan dari transaksi Harbolnas bisa terjadi setiap tahunnya,” ujarnya.

Hilmi menambahkan, peningkatan transaksi Harbolnas yang rata-rata terjadi di angka 30 persen setiap tahunnya, dapat terjadi melalui kerja sama yang solid dari seluruh pemangku kepentingan terkait.

“Melalui promo besar yang diselenggarakan secara serentak, tidak hanya mendorong transaksi, tetapi juga membuka ruang bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang lebih terjangkau,” ujar dia.

Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid mengatakan pihaknya mendukung 100% penyelenggaraan Harbolnas, Komdigi mendukung Harbolnas dengan membantu kampanye dan mendorong UMKM digital binaannya untuk berpartisipasi. 

“Komdigi berperan dalam kampanye Harbolnas secara online dengan mendorong penggunaan logo dan berita tentang Harbolnas di berbagai platform media sosial,” ujar dia.

Komdigi berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk media, BUMN seperti PT KAI dan PT Angkasa Pura, serta kementerian dan lembaga lainnya untuk memperluas gaung Harbolnas.

Berbagai e-commerce

TikTok Shop dan Tokopedia mengoptimalkan momentum ini dengan Promo Guncang 12.12 dan Gajian Sale, serta inisiatif Lokal Mendunia guna mendongkrak penjualan pelaku usaha lokal.

Head of Public Policy & Government Relations Tokopedia and TikTok Shop Indonesia Hilmi Adrianto mengatakan, pihaknya berupaya menghadirkan nilai lebih bagi para pembeli, serta membuka peluang lebih besar bagi pelaku usaha lokal agar naik kelas.

"Kami terus mendorong pelaku usaha lokal Indonesia untuk menembus pasar global, membangun kepercayaan terhadap produk buatan Indonesia, untuk memperkuat perekonomian digital bangsa," paparnya dalam keterangan yang diterima SUAR di Jakarta (4/12).

TikTok Shop dan Tokopedia optimistis dapat mencapai pertumbuhan positif melalui Promo Guncang 12.12 yang diadakan untuk merayakan Harbolnas 2025. Pasalnya, Promo Guncang 11.11 pada November lalu sudah mencatat peningkatan transaksi

Transaksi belanja melalui Tokopedia dan TikTok Shop meningkat masing-masing sebesar 176% dan 96% saat tanggal kembar tersebut.

Baik Tokopedia maupun TikTok Shop mencatat pertumbuhan pada kategori makanan dan minuman (mamin) sebesar 76%, disusul otomotif dan elektronik sebesar 54%, kecantikan dan perawatan diri sebesar 48%, dan fesyen sebesar 35%.

Sedangkan untuk rangkaian promosi akhir tahun ini, lanjut Hilmi dimulai lebih awal di TikTok Shop yang sejak 24 November telah menawarkan voucher hingga Rp300.000, voucher belanja harian 20%, hingga Gratis Ongkir Rp 0.

Sementara itu, Tokopedia membuka perjalanan menuju 12.12 melalui Road to 12.12 pada 1–11 Desember dengan voucher hingga Rp 1,2 juta, Gratis Ongkir Rp0, clearance sale hingga 90%, dan penawaran eksklusif Super Brand Day.

Adapun seluruh rangkaian di Tokopedia dan TikTok Shop yang berpuncak pada 12.12 akan menghadirkan total voucher hingga Rp 12 juta, Voucher Kaget setiap dua jam, flash sale Rp12.000 untuk lebih dari 120.000 produk, hingga Shopping Cart Clearance senilai hingga Rp 120 juta.